Adsense IndonesiaAdsense IndonesiaAdsense IndonesiaAdsense IndonesiaAdsense IndonesiaAdsense Indonesia

Satelite going to moon...

>> 

Rusia meluncurkan sebuah satelit untuk ditujukan ke Bulan. Mereka menamainya Lunik. (Luna berarti Bulan) Lunik I yang melewati Bulan, karena jaraknya yang tidak cukup dekat untuk dikenali oleh gravitasi bulan, berubah menjadi planet buatan, artinya menjadi benda langit yang mengelilingi matahari. dan diperkirakan pada saat ini, Lunik I masih berada di luar angkasa ,dan masih mengelilingi matahari. Benada mekanik yang dibawa oleh Lunik I mengirimkan beberapa laporan benda langit yang telah dilewatinya/berpapasan dengannya. Laporan ini dipantau dari bumi pada tanggal 2 Januari 1959.
Kemudian Lunik II diluncurkan pada tanggal 14 September 1959 yang dapat mendarat di bulan, akan tetapi dengan pendaratan yang keras. Sehingga peralatan yang ada di dalamnya mengalami kerusakan yang sangat parah. Peristiwa ini dicatat sebagai pendaratan pertama benda buatan manusia di Bulan.

Yang selanjutnya adalah Lunik III yang diluncurkan tanggal 4 Oktober 1959. Kali ini Rusia tidak membuang tenaga dan pikran mereka dengan sia-sia, karena pesawat inilah yang berhasil beredar mengelilingi bulan sekali putaran, sehingga pada saat Lunik III ini berada di belakang bulan, ia berhasil memotret bagian belakang dari bulan. Gambar ini kemudian langsung dikirim ke bumi. Walaupun pesawat ini naas ketika sedang memasuki atmosfera bumi karena terbakar, akan tetapi gambar potret belakang bulan yang pertama kali ini dapat diselamatkan dari kemusnahan.
Pada tanggal 3 Maret 1959, kini giliran ilmuwan-ilmuwan Amerika yang menggelar aksinya,mereka meluncurkan Pioneer IV. Pesawat ini mempunyai nasib yang sama dengan pesawat yang sebelumnya yaitu Lunik I, melewati Bulan dan masuk ke ruang angkasa mengorbit matahari.
Selanjutnya berbagai percobaan dilakukan oleh ilmuwan-ilmuwan Amerika ini untuk mengubah arah satelit (Gemini 3), bergabung dan melepaskan diri dari satelit (Gemini 8, 9, dan 10), keluar dari astelit dan mengarungi ruang angkasa (Gemini 4) serta usaha melakukan perbaikan pesawat di ruang angkasa (Gemini 12) dan tak kalah pentingnya, yaitu pendaratan satelit ke bumi. Karena pada saat memasuki atmosfera bumi, pesawat akan bergesekan dengan atmosfera bumi, sehingga membuat pesawat menjadi berpijar dan menyala. Hal tersebut harus dipperhitungkan, agar tidak membuat sang awak pesawat hangus terbakar seperti Laika si anjing antariksawan.
Langkah yang selanjutnya ditempuh adalah Apollo VII yang membawa para astronot Shirra, Eisek, dan Cuningham pada tanggal 11 Oktober 1968 berhasil mengelilingi bulan dan kembali ke bumi dengan selamat.


Related Posts by Categories



0 Komment:

Related Websites

Vistors

Locations of visitors to this page free counters

Blogger Blog Review at Blogged

Shout Box Comment

  © Roshid Theme by scenica.co.cc 2009

TOP  

skater