Adsense IndonesiaAdsense IndonesiaAdsense IndonesiaAdsense IndonesiaAdsense IndonesiaAdsense Indonesia

Story of Comet

>> 

Pada tahun 1910 dan 1986 penting artinya bagi kehidupan manusia di seantero dunia ini. Karena pada tahun tersebut, komet yang setiap 76 tahun sekali ini memperkenankan dirinya untk mengunjungi daerah sekitar matahari yang hampir menyinggung bumi. Karena jarak lintasannya yang terlalu dekat dengan bumi sehingga kalau saja jarak tersebut lebih dekat sedikit lagi, kemungkinan besar bumi ini sudah punah. Akan tetapi Allah berkehendak lain, kita harus bersyukur karena kekuasaanya tersebut sekarang kita masih bisa berpijak pada bumi. Memang komet tersebut mempunyai periodik kemunculan did sekitar matahari setelah 76 tahun.

Namun amat disayangkan pada tahun 1986 komet ini tidak memberikan keindahan kepada penduduk bumi secara umum atau menyelruh, yang artinya tidak dari semua panduduk bumi dapat melihatnya pada waktu itu. Hanya sebagian orang yang melihat keindahan dari komet tersebut, tidak seperti pada tahun 1910. Pada tahun 1910 tersebut, orang-orang terpesona melihat keindahan komet ini dan ekornya yang panjang nan indah. Mungkin karena ketuaan komet ini, material penyusun komet sudah terlepas di angkasa, sehingga partikel penyusun yang tersisa pada komet ini tinggal sedikit. Bahkan mungkin juga pada 76 tahun kemunculan yang berikutnya, kita tidak akan pernah melihat keindahannya yang menawan itu.
Garis edar komet tidak seperti garis edar planet atau satelit yang lainnya. Ada komet yang mempunya garis peredarannya berbentk elips, namun eksentrisitasnya sangat besar, seperti garis edar yang dimiliki oleh Komet Halley., sehingga komet tersebut hanya dapat terlihat jika ia sedang beredar di sekitar perihelium lalu menghilang selama lebih dari 70 tahun, ketika ia menjauhi periheliumnya.
Kebanyakan dari komet mempunyai garis peredaran yang berbebtuk parabola atau hyperbola. Sehingga seuah komet yang pernah tampak ketika mendekati matahari, maka setelah kitu kita tidak akan melihatnya untuk yng kedua kalinya, dengan kata lain, umur kita yang terlalu pendek tidak akan mencukupi untuk melihat komet tersebut yang kedua kalinya, karena setelah komet tersebut tampak, maka dia aka menempuh lintasannya yang jauh di ruang angkasa.
Secara fisikal komet terdiri dua bagian utama, yaitu kepala komet dan ekor komet. Kepalanya merupakan bagian utama dari komet tersebut. Bagian ini tersusun dari berbagai gumpalan benda padat yang tidak beraturan bentuknya, yang tersebar diantaranya adalah merupakan inti dari kepala komet tersebut. Di sekitar inti komet tersebut terdapat gumpaln-gumpalan yang lebih kecil ukurannya debu-debu dan mungkin itu adalah es. Bagian yang berada di sekitar inti ini dinamakan koma. Bagian penting yang kedua adalah ekor komet, yang sebenarnya merupakan bagian dari kepala komet yang terlepaskan karena adanya gaya dorong yang berasal dari matahari. Matahari mempunya dua tenaga yang dinamakan solar radiation (radiasi matahari) and solar wind (angin matahari), yang kemudian tenaga tersebut yang menyebabkan bagian halus dari kepala komet terhembuskan keluar dari tempatnya.
Kedua tenaga inilah yang menyebabkan ekor komet selalu menjauhi matahari dan selau memanjang ketika komet tersebut mendekati periheliumnya. Karena bagian halus dari kepala komet tersebut selalu berkurang ketika mendekati periheliumnya dan ketika komet tersebut menjauh dari periheliumnya, maka ekor komet itu menjadi lebih kecil dan semakin kecil. Itulah juga yang menyebabkan orang yang melihat Komet Halley (1986) dan Komet Kohoutek (1973) menjadi kecewa karenanya.
Di ruang angkasa banyak sekali komet-komet yang sedang beredar. Adapun komet yang terkenal adalah Komet Halley yang ditemukan oleh seorang yang bernama Edmund Halley (1705), Komet Ikeya Saki (1965), Komet Kohoutek (1973), dan Komet West (1986). Nama-nama yang tertera pada nama komet tersebut merupakan nama penemu dari komet itu sendiri.


Related Posts by Categories



0 Komment:

Related Websites

Vistors

Locations of visitors to this page free counters

Blogger Blog Review at Blogged

Shout Box Comment

  © Roshid Theme by scenica.co.cc 2009

TOP  

skater