Snow White And The Seven Dwarfs

>> 


Once upon time, there lived a little girl named Snow White. She lived with her aunt and uncle because her parents were dead.

One day she heard her uncle and aunt talking about leaving her in the castle because they both wanted to go to America and they didn’t have enough money to take her.

Snow White didn’t want her uncle and aunt to do that. So, she ran away from her house when her uncle and aunt were having breakfast. She ran away to the forest near her house.

Suddenly, she was very tired and hungry. Then she saw the little cottage in center of forest. She knocked the cottage, but no one answered so she entered the cottage and fell asleep in there.

Meanwhile, the seven dwarfs were coming home from they job. They entered they house. When they come inside, they found a beauty girl asleep on the bed.

When they wanted to touch her, suddenly Snow White woke up. When she opened her eyes, she saw the seven dwarfs around her. And then one of the seven dwarfs asked her, ”What’s your name?” “My name is Snow White”, said Snow White. Then the other dwarf said, “If you wish, you can live here with us.” Snow White was very happy when she heard that and she said, “Thank you very much.”

Then Snow White told the seven dwarfs. The whole story Snow White and the seven dwarfs lived happily ever after.

Next episode...... Next episode......

Inti Dakwah Syaikh Al Albani

>> 


Judul : Inti Dakwah Syaikh Al Albani
Penulis : Syaikh Muhammad Nashiruddin al Albani
Penerbit : Pustaka Darul Ilmi
Cetakan : Pertama, Mei 2008
Halaman : x +123

Risalah yang ada di buku ini pada asalnya adalah muhadharah ilmiyyah manhajiyyah yang disampaikan oleh Syaikh Albani rahimahullah di kota Mufriq, Yordania. Kemudian Syaikh Ali bin Hasan al Halabi al Atsari menyusunnya menjadi sebuah buku dan memberi catatan kaki padanya.
Banyak hal yang dapat kita ambil manfaatnya dari ceramah beliau yang dibukukan ini. Diantaranya adalah kewajiban berpegang kepada Al Qur'an, Sunnah Rasulullah, dan pemahaman Salafush Shalih. Inilah tiga pilar dakwah yang diserukan oleh Syaikh Al Albani.
Berikut ini saya kutipkan sebagian isi dari buku ini tentang berpegang kepada ketiga pilar tersebut. Saya kutipkan dengan meringkasnya.


[BERPEGANG KEPADA KITABULLAH, SUNNAH RASUL,
DAN PAHAM SALAFUSH SHALIH]
-------------------------------------------
Firman Allah (yang artinya):
"Katakanlah apakah sama antara orang yang mengetahui dengan orang yang tidak tahu?" (QS. Az Zumar: 9).
"Allah Meninggikan derajat orang orang yang beriman diantara kalian dan orang orang yang diberi ilmu beberapa derajat." (QS. Al Mujadillah: 11).
Lalu ilmu apakah yang Allah memuji para pemiliknya tersebut, dan para pemakainya dan orang-orang yang menempuh jalannya?
Jawabannya adalah seperti yang dikatakan Imam Ibnul Qoyyim Al Jauziyah
Ilmu adalah firman Allah, sabda Rasul-Nya
dan perkataan para shahabat, bukanlah kepalsuan
Ilmu bukanlah suatu upaya bodoh
untuk membuat pertentangan
Antara Rasul dan pendapat seorang ahli fiqih.
Sekali-kali tidak! Ilmu tidak untuk mengingkari sifat
Allah dan menafikannya agar terhindar dari tamtsil dan tasybih.
Jadi, definisi ilmu kita ambil dari kalimat dan dari syair di atas yang jarang kita dengar dari perkataan para penyair, karena syair ulama berbeda dengan syair para penyair. Beliau (Ibnul Qoyyim) adalah seorang ulama dan pandai bersyair dan beliau juga bersyair:

Ilmu adalah Allah berfirman, di tingkat pertama
Rasulullah bersabda, di tingkat kedua
Shahabat berkata, di tingkat yang ketiga
...
Yang sudah diketahui oleh para da'i bahwa Islam adalah Kitab Allah dan Sunnah Rasul-Nya dan ini adalah benar. Tidak diragukan lagi. Namun bagaimana cara memahami kitab Allah dan Sunnah Rasul-Nya? Kekurangan inilah yang diisyaratkan oleh Ibnul Qoyyim dalam syairnya di atas. Beliau sebut setelah Al Qur'an dan Sunnah adalah Shahabat.
...
Mereka (shahabat) adalah generasi pertam dari tiga zaman yang dipersaksikan oleh Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam dengan kebaikan. Oleh Ibnul Qoyyim digabungkan setelah Kitab dan Sunnah. Namun apakah penggabungan ini berasal dari sekadar pikiran ijtihad dan istinbath beliau? yang memungkinkan terjadi kesalahan di dalamnya?

Jawabannya adalah tidak. Bahwa yang disampaikan oleh Ibnul Qoyyim bukan sekedar istinbath (mengambil kesimpulan hukum) dan juga bukan ijtihad yang masih ada kemungkinan kesalahan padanya, akan tetapi itu adalah i'timad (penyandaran langsung) atas Kitab Allah Ta'ala dan hadits Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam.

Adapun dari Kitab Al Qur'an adalah (yang artinya):

"Barangsiapa yang menentang Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam setelah jelas kebenaran baginya dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mukmin, kami biarkan ia dalam kesesatan yang telah dilakukannya itu dan akan kami masukkan ke dalam Neraka Jahanam, dan itu seburuk-buruk tempat kembali." (An Nisaa: 115).

Dalam firman Allah Ta'ala: "Dan mengikuti jalan yang bukan jalannya orang-orang mukmin." Allah tidak mencukupkan Firman-Nya pada kata-kata: "Barang siapa yang menentang Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam setelah jelas kebenaran baginya," kemudian langsung menyebut: "...kami biarkan ia dalam kesesatan..." Tidak demikian redaksi ayatnya.

Akan tetapi Allah berfirman setelahnya: "... dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang beriman..." untuk sebuah hikmah dan maksud yang dalam.
...
Dan jika orang-orang yang menentang Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam setelah jelas kebenaran baginya dan mengikuti jalan yang bukan jalannya orang-orang mukmin, diancam dengan adzab neraka, maka begitu pula sebaliknya: Orang-orang yang mengikuti jalan kaum mukmin mereka dijanjikan dengan surga.
...
Maka dari itulah kami katakan, khususnya pada zaman ini, zaman di mana pendapat dan pemikiran, madzhab-madzhab, partai-partai dan jama'ah-jama'ah simpang siur saling bertentangan sampai-sampai banyak para pemuda yang hidup dalam kegamangan tidak tahu kepada jama'ah apa ia akan bergabung dan dari sini akan datang jawaban dalam ayat dan hadits yang telah disebutkan; "... ikutilah jalannya orang-orang beriman...!" Namun apakah maksudnya orang-orang yang beriman di zaman sekarang kita ini?

Jawabnya tidak! Akan tetapi mengikuti orang-orang yang beriman pada zaman awal Islam yaitu zaman shahabat Salafush shalih. Merekalah yang seharusnya menjadi qudwah (contoh) kita dan bukan selain mereka di muka bumi ini, dengan demikian dakwah kami ditegakkan di atas tiga rukun utama yaitu di atas Kitabullah dan Sunnah Rasulullah dengan mengikuti pemahaman Salafush Shalih.
...
Saya yakin sebab dari banyaknya perselisihan yang terus diwariskan dari firqoh-firqoh zaman dahulu yang sudah dikenal, dan perselisihan zaman sekarang adalah mereka tidak merujuk kepada sumber yang ketiga yaitu pemahaman Salafush Shalih, dan semua mengklaim berpegang kepada Kitabullah dan Sunnah Rasul!
Banyak saya dengar hal ini dari pemuda-pemuda yang bingung. Para pemuda itu berkata:

"Wahai saudaraku mereka mengatakan: 'Al Kitab dan As Sunnah' dan yang lain juga mengatakan 'Al Kitab dan As Sunnah!' Lalu bagaimana kita bisa memilah dan memilih yang benar?"
Jawabannya adalah Kitabullah dan Sunnah Rasul dengan pemahaman Salafush Shalih.

Barang siapa yang berpegang kepada Kitabullah dan Sunnah Rasul tanpa berpegang kepada pemahaman Salafush Shalih maka ia sebenarnya tidak berpegang kepada Kitabullah dan tidak pula berpegang kepada Sunnah Rasulullah, akan tetapi ia berpegang, berpedoman kepada akalnya, kalau tidak saya katakan kepada hawa nafsunya!




Alhamdulillah, penjelasan dari Syaikh Albani di buku ini begitu jelas dan runut. Yang saya kutipkan pada ringkasan ini adalah kewajiban untuk berpegang kepada pemahaman para Salafush Shalih sebagaimana ditegaskan dalam surat An Nisa: 115. Dalam ayat tersebut dinyatakan keharusan mengikuti jalannya orang-orang beriman.

Siapakah orang-orang beriman pada ayat tersebut? Tidak lain adalah para shahabat. Karena ketika turunnya ayat tersebut (An Nisaa: 115) tidak ada orang-orang yang beriman selain dari para shahabat.
Maka inilah yang menjadi pilar yang ketiga, setelah berpegang kepada Kitabullah dan Sunnah Rasul. Yaitu berpegang kepada pemahaman para shahabat, para salafush shalih. Barang siapa yang berpegang kepada Kitabullah dan Sunnah Rasul tanpa berpegang kepada pemahaman salafush shalih, maka ia sebenarnya tidak berpegang kepada Kitabullah dan tidak juga berpegang kepada Sunnah Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam.

Next episode...... Next episode......

Pembunuhan Pertama di Bumi


Mungkin kita belum mengetahui apa penyebab rusak dan hancurnya lingkungan kita ini. Dari beribu-ribu juta tahun yang lalu telah ada beberapa kehancuran yang ada di bumi. Yang hingga sampai sekarang ini, kejadian inilah yang telah menyebabkan kehancuran dunia saat ini. Apakah sebenarnya kejadian itu??? Kejadian itu adalah pembunuhuan. Bagaimanakah proses terjadinya kejadian itu??? Pembunuhan seperti apakah yang menyebabkan kehancuran sampai sekarang ini??? Ini dia kisahnya...

Sudah mendengar atau membaca kah kamu tentang kisah Nabi Adam A.S??? Masa' sih kita sebagai cucu-cucunya beliau, kita tidak mengetahui kisah beliau??? Sungguh terlalu..!! Kalau kamu udah mendengar atau membaca kisahnya, kamu pasti tahu keempat anaknya. Yuuppzzz, betul banget jawaban kamu. Tak lain and tak bukan adalah Qabil, Iqlima, Habil, dan Lubuda.

Kehancuran itu bermula saat Nabi Adam A.S diperintahkan Allah untuk mengawinkan keempat putera-puterinya itu. Sesuai dengan perintah Allah, maka keempat putera-puterinya dikawinkan. Qabil dikawinkan dengan Lubuda dan Habil dikawinkan dengan Iqlima yang cantik jelita dibandingkan Lubuda. Dan ini mejadi suatu keputusan Nabi Adam A.S sebagai seorang ayah. Akan tetapi Qabil menolak mentah-mentah keputusan ayahnya itu. Dengan ketidaksetujuan Qabil atas keputusan ayahnya, maka Nabi Adam A.S tidak langsung menggunakan kekerasan dan pemaksaan kepada Qabil yang akan mengakibatkan permusuhan dan perpecahan dalam keluarganya. Beliau menyerahkan keputusannya itu kepada Allah SWT.

Kemudian Nabi Adam menyuruh kedua anaknya untuk memberikan qurban persembahan kepada Allah dengan hasil kerja mereka berdua selama ini. Dengan catatan bahwa siapa diantara mereka yang qurban persembahannya diterima oleh Allah, maka dia berhak memilih siapa yang menjadi isterinya. Kedua saudara laki-laki itu menanggapi dengan baik perjanjian itu.

Sesaat kemudian Habil dan Qabil keluar dari gudang penyimpanan mereka dengan membawa qurban persembahannya. Habil keluar dan membawa peliharaanya, sedangkan Qabil keluar dengan membawa sekarung gandum yang dipilih dari hasil cocok tanamnya yang rusak dan busuk. Kemudian kedua persembahan itu dibawa ke puncak bukit dan diletakkan disana. Lallu perrgilah keduanya dari puncak bukit itu dan meyaksikannya dari jauh bersama dengan keluarganya yang hati mereka berdebar-debar, tak terkecuali kedua pemuda itu.

Dan terlihatlah api yang besar turun dari langit sedang menyambar qurban persembahan itu. Ternyata yang disambar api itu adalah persembahan milik Habil, yaitu kambing peliharaannnya yang musnah seketika itu juga. Sedangkan gandum milik Qabil tidak tersentuh sama sekali oleh api itu. Suhanallah... Apa yang terjadi itu merupakan kekuasaan Allah yang sangat nyata. Api yang besar menyambar seekor kambing tanpa menyentuh sedikitpun sekarung gandum.

Semua anggota keluarga Nabi Adam A.S melihat dan menyaksikan apa yang terjadi waktu itu. Maka dengan demikian sudah diketahui bahwa Habil lah yang menang dalam pertarungan tersebut karena qurbannya telah diterima oleh Allah SWT. Maka dialah yang berhak memilih siapakah diantara kedua gadis saudaranya itu yang akan menjadi isterinya kelak.

Putus sudah harapan Qabil untuk memilih calon isterinya. Maka dengan hasil tersebut dia menyerah dan menerima dengan hati kesal dan marah pada habil, dan akan membunuhnya ketika sang ayah sudah tiada. Ternyata niat jahat Qabil ini diberi kesempatan oleh Allah.

Hingga suatu hari, Adam A.S akan melakukan perjalanan. Maka beliau mengamanahkan rumah tangga dan keluarganya kepada Qabil sebagai anak pertama. Beliau berpesan kepada Qabil untuk menjaga baik-baik bu dan saudara-saudaranya selama beliau tidak ada di rumah. Beliau juga berpesan agar kerukunan keluarga dan ketenangan rumah tangga terpelihara baik-baik dan jangan sampai terjadi hal-hal yang dapat mengeruhkan suasana bahkan merusak hubungan kekeluargaan hyang telah beliau bina selama ini. Qabil pun menerima pesan ayahnya ini dengan wajah yang meyakinkan. Dengan mengeluarkan janji-janji untuk menjalankan amanah ayahnya dengan sebaik-baiknya. Lain mulut, lain juga hati. Itulah yang sedang terjadi di dalam diri Qabil.

Setelah beberapa saat kepergian ayahnya, maka Qabil mendatangi Habil di peternakannya dan berkata, “Aku datang kemari kuntuk membunuhmu. Masanya telah tiba untuk aku lenyapkan engkau dari atas bumi ini.” “Apa salahku?”, sahut Habil. “Dengan alasan apaka engkau hendak membunuhku?”, lanjut Habil. Maka Qabil menjawab, “Ialah karena qurbanmu diterima oleh Allah sedangkan qurbanku ditolak yang berarti bahwa engkau akan mengawini adikku Iqlima yang cantik dan molek itu dan aku harus mengawini adikmu yang buruk dan tidak mempunyai gaya yang menarik itu.” “Adakah berdosa aku bahwa Allah telah menerima qurbanku dan menolak qurbanmu? Tidaklah engkau telah bersetuju cara penyelesaian yang diusulkan oleh ayah sebagaimana telah kami laksanakan? Janganlah tergesa-gesa wahai saudaraku, mempertaruhkan hawa nafsu dan ajakan syaitan! Kawallah perasaanmu dan fikirlah masak-masak akan akibat perbuatanmu kelak! Ketauilah bahwa Allah hanya menerima qurban dari orang-orang yang bertaqwa yang menyerahkan dengan tulus ikhlas dari hati yang suci dan niat yang murni. Adakah mungkin sesekali bahwa qurban yang engkau serahkan itu engkau pilihkannya dari gandummu yang telah rusak dan busuk dan engkau berikan secara terpaksa bertentangan dengan kehendak hatimu, sehingga ditolak oleh Allah, berlainan dengan kambing yang aku serahkan sebagai qurban yang sengaja aku pilihkan dari peternakanku yang paling sihat dan kucintai dan kuserahkannya dengan tulus ikhlas disertai permohonan diterimanya oleh Allah. Renungkanlah, wahai saudaraku kata-kataku ini dan buangkanlah niat jahatmu yang telah dibisikkan kepadamu oleh iblis itu, musuh yang telah menyebabkan turunnya ayah dan ibu dari syurga dan ketahuilah bahwa jika engkau teap berkeras kepala hendak membunuhku tidakllah akan aku angkat tanganku untuk membalasu karena aku takut kepada Allah dan tidak akan melakukan sesuatu yang tidak diridhoi-Nya. Aku hanya berserah diri kepada-Nya dan kepada apa yang akan ditakdirkan bagi diriku.”

Nasihat dan kata-kata mutiara Habil itu didengar oleh Qabil namun masuk telinga kanan dan keluar telinga kiri dan tidak menyentuh lubuk hatinya yang penuh rasa dendam, dengki, dan iri terhadap Habil itu. Hatinya sudah tertutupi oleh iblis, sehingga tidak ada rasa kasih sayang terhadap saudara kandungnya sendiri. Iblis benar-benar sudah menyatu dengan Qabil waktu itu. Qabil tidak diberi kesempatan untuk menoleh ke belakang merenungkan kata-kata saudaranya itu, bila rasa dendam dan dengki itu mulai padam, maka dikipasinya sampai membara lagi.

Ketika Qabil bingung cara apa yang sebaiknya digunakan untuk membunuh Habil, maka iblis menjelma sebagai seekor burung yang dipukul kepalanya dengan batu sampai mati. Contoh yang sangat mudah itu diterapkan oleh Qabil terhadap saudaranya Habil. Dengan dikuasai oleh iblis, Qabil membunuh saudara kandungnya sendiri, sebagai korban keganasan dari iblis.

Kejadian itulah yang menjadi penyebab kehancuran sampai sekarang ini yang kita rasakan. Tanpa disadari atau tidak, kita sudah terpengaruh oleh bujuk rayu iblis yang manis namun menyesatkan. Banyak diantara kita yang tidak sadar melakukan dosa-dosa besar, namun tidak segera bertaubat bahkan senang melakukannya lagi.
Wahai saudaraku, ingatlah Allah jika kita hendak melakukan sesuatu. Berfikirlah apa akibat baik dan buruknya sebelum kamu melakukan sesuatu.

Next episode...... Next episode......

8 Pintu Surga dan Keistimewaannya

>> 


Memasuki surga adalah hal yang paling kita inginkan tentunya. Karena surga adalah rumah kita kecuali orang-orang kafir, tempat asal kita. Walaupun kita belum pernah kesana, tapi ita sangat merindukannya. Betul apa nggak??? Akan tetapi cara untuk memasukinya tentu ada berbagai cara kan. Itu dikarenakan pintu surga ada 8. Karena kalo cuma ada satu, orang yang antri masuk pasti nunggunya lama banget.

Bayangkan aja, kalo pintunya surg itu hanya satu. Pasti antriannya panjang banget dan tentunya kita juga harus menghormati Nabi dan Rasul-rasul kita serta mendahulukan mereka. Maka dari itu pintu surga ada 8. Dan di setiap pintu tersebut ada penjaganya. Pintu-pintu tersebut hanya menerima secara khusus aja. Tentunya pintu-pintu tersebut berdasarkan amalan sholeh yang sering dilakukan.

Orang-orang yang masuk melalui pintu itu akan dipanggil sesuai amalan sholeh yang menjadi suatu kebiasaannya. Setelah semuanya terkumpul, maka pintu itu akan terbuka dan memasukkan orang-orang yang berdasarkan amalannya tadi ke dalamnya. Setelah semuanya masuk, maka pintu tiu tidak akan terbuka lagi.

Suhail bin Sa’ad meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, “Di dalam surga, ada pintu Rayyan. Orang-orang yang biasa berpuasa akan masuk darinya pada hari kiamat dan tidak seorang pun akan masuk bersama mereka. Dikatakan, ‘Dimanakah orang-orang yang biasa berpuasa?’ Maka mereka pun memasuki surga dari pintu tersebut. Ketika orang yang terakhir dari mereka telah masuk, pintu tersebut ditutup sehingga tidak ada seorang pun yang akan masuk melaluinya lagi.”

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, “Siapa saja yang menginfakkan hartanya dengan berpasang-pasangan di jalan Allah, akan dipanggil dari pintu-pintu surga. ‘Wahai hamba Allah, ini pilihan.’ Maka, siapa saja yang termasuk ahli shalat, akan dipanggil dari pintu shalat, siapa saja yang termasuk ahli jihad, akan dipanggil dari pintu jihad, siapa saja yang termasuk ahli puasa, akan dipanggil dari pintu Rayyan, dan siapa saja yang temasuk ahli sedekah, akan dipanggil dari pintu sedekah.”

Beberapa diantaranya ada pintu Rayyan, yang hanya mau membuka pada orang yang terbiasa untuk berpuasa. Kalo ngomong masalah puasa, maka Abu Bakar lah yang pertama disebut. Seperti yang telah disebutkan oleh Allah dalam firmannya, QS Az Zumar : 73,

“Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhan dibawa ke dalam syurga berombong-rombongan (pula). sehingga apabila mereka sampai ke surga itu sedang pintu-pintunya telah terbuka dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya: ‘Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu. Berbahagialah kamu! Maka masukilah syurga ini, sedang kamu kekal di dalamnya’.”

Setelah orang yang terakhir masuk melaluinya, maka pntu itu akan tertutup untuk selamanya dan tidak akan pernah terbuka lagi. Maka dari itu, bagi kamu yang ibadah wajibnya terpenuhi, maka perbanyaklah amalan sunnah lainnya, contohnya berpuasa, sahalat sunnah, sedekah, dan lain seterusnya.

Maka Abu Bakar berkata, ‘Demi ayah dan ibuku sebagai tebusannya. Wahai Rasulullah, orang yang dipanggil dari pintu-pintu tersebut tidak akan ada rasa takut dan khawatir baginya. Apakah ada orang yang kan dipanggil dari semua pintu tersbut?’ Rasulullah SAW kemudian bersabda, ‘Benar. Dan aku berharap kamu termasuk di antaranya.’

Al Hafidz Ibnu Hajar berkata, “Di dalam hadist, terdapatpenjelasan tentang sedikitnya jumlah orang yang dipanggil dari semua pintu tersebut. Si dalamnya juga diberitahukan bahwa yang dimaksud adalah amalan sunnah, bukan amalan yang wajib, karena banyaknya amalan yang dikumpulkan tersebut.

Lalu orang yang yang mengumpulkan amal-amal sunnah tersebut dipanggil dari semua pintu sebagai penghormatan baginya. Kalau tida demikian, masuknya dari pintu dan keungkinan dari pintu amal yang paling dominan ai lakukan. Wallahu a’lam.
Adapun jarak pintu dari pintu yang lain, seperti yang disebutkan dalam suatu hadist antara pintu satu ke pintu yang lainnya terpisahkan oleh jarak yang panjang. Dalam suatu hadist diterangkan bahwa, “Demi Zat yang jiwaku berada di tangan-Nya, jarak antara satu pintu surga dengan yang lainnya sejauh antara Mekah dan Hajar atau antara ekah dan Bushra’.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Sedangkan kamu tahu?? Hajar adalah suatu kota di Bahrain. Jarak antara Mekah dan Hajar diperkirakan 1160 kilometer. Sedangakan Bushra adalah tempat yang berada di Syria dan berjarak 1250 kilometer dari kota Mekah. Begitu jauh sekali jaraknya, akan tetapi dari jaraknya yang begitu jauh, masih saja berdesak-desakan tanpa ada ruang yang longgar.
Subhanallah........

Next episode...... Next episode......

Ayo Bangkit Bembali! Generasi Umat Akhir Zaman


Genderang perang salib telah ditabuh kembali. Pasca peristiwa 11 September beberapa tahun yang lalu, dengan dalih memerangi terorisme, Presiden Amerika George W. Bush mendeklarasikan, “This Crusade,this war on terrorism is going to take a while...” Ya, ‘Perang Salib ini, perang melawan akan memakan waktu lama...’ Sepertinya Bush tidak sedang terpeleset lidah, tetapi sedang mengungkapkan alam bawah sadarnya. Kalaupun ia berkilah bahwa ungkapan tersebut hanya sebuah ketergelinciran, sesungguhnya sikap-sikap yang ditunjukkan oleh Bush, Amerika, dan para pengikut mereka selama ini justru membenarkan pernyataan di atas.

Kekalahan dalam Perang Salib (Crusade) merupakan pukulan yang sangat berat yang diterima Barat dari kaum Muslimin. Meskipun mereka telah menghimpun segala kekuatan yang dimilikinya dan berhasil menduduki Al-Quds (Jerussalem) selama sekitar 88 tahun (1099-1187), pasukan Salib akhirnya hengkang dari dunia Islam, setelah mengalami kakalahan menghadapi kekuatan pasukan kaum muslimin di bawah pimpinan Shalahuddin Al-Ayyubi.

Memori kolektif inilah yang masih terus terpelihara di mata muluh-musuh Islam dan melandasi sikap merka. Mereka mebutuhkan semangat Crusade untuk self-defininition dan membangun motivasi; manusia perlu rival dan musuh. (Samuel P. Huntington, The Clash of Civilizations and the Remaking of World Order, hlm. 130).

Tidak heran ketika Jenderal Geraud datang ke Suriah, setelah Prancis merebut Syria dari tangan Turki ustmani, ia memasuki Masjid Umayah di Damaskus, dan menendang makam Shalahuddin Al-Ayyubi, sambil berteiak, “Saladin, bangun! Kami kembali!” Cerita tentang Jenderal Geraud di makam Shalahuddin ini dikutip oleh Adian Husaini dalam bukunya Wajah Peradaban Barat dari Serge Latouche, The Westernization of the World (Cambridge: Polity, 1996, hlm. 5).
Klau demikian halnya lantas bagaimana seharusnya dengan kita, umal Islam? Sebagai insan beriman yang meyakini pesan ilahi:

Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka (QS. Al Baqarah : 120),
semestinya kita menyadari realitas ini. Untuk itu, buku Akankah Sejarah Terulang? mencoba untuk membangun kesadaran dengan menengok kepada akar sejarah permusuhan terhadap umat Islam.

Buku Akankah Sejarah Terulang? ditulis Dr. Muhammad Al-Abdah dan diterbitkan Al-Muntada Al-Islami---salah satu institusi dakwah paling terkemuka di London, Inggris. Dengan piawai Penulis menganalogikan serta melakukan komparasi langsung atas momen-momen penting masa lalu dengan realitas sekarang; untuk membuktikan hipotesis “perulangan sejarah” yang dia kemukakan pada pengantar buku ini.

Kalaupun buku itu tidak ada---dalam artian tidak pernah tertulis---, akankah kita akan terus menjadi umat yang selalu terpuruk? Akankah kita harus selalu begini? Selalu diinjak-injak oleh kaum Yahudi dan Nasrani.

Bagaimana perasaan orang-orang wilayah Jazirah Arab ketika Palestina sedang ditindas dan diinjak-injak oleh kaum Yahudi Israel? Kemanakah mereka selama ini? Apakah itu yang namanya saudara, seiman, seagama, sehati, dan se- se- yang lain. Bahkan negara tetangga dari Palestina pun hanya terdiam, terpaku, dan terpana ketika melihat saudaranya sedang ditindas oleh musuh besar mereka. Jangankan negara, organisasi terbesar dan yang paling berkuasa (PBB) di dunia saja takut dengan negara kecil tak punya lahan (Israel) dengan dibentengi Amerika.

Negara Islam Saudi Arabia pun hanya terdiam melihat kejadian yang sudah memakan waktu yang sangat lama itu. Dengan waktu yang sangat lama, juga memakan korban yang banyak pula. Tapi negara itu hanya diam karena takut minyaknya tidak laku ataupun terbeli oleh Amerika. Apa yang sebenarnya mereka takutkan? Mereka lebih takut kepada makhluk Allah daripada penciptanya sendiri.

Ketika Iraq mengembangkan teknologi nuklir, apa yang dilakukan oleh Amerika? Mereka mengecam negara Iraq dengan berbagai alasan yang tidak bermakna sama sekali. Sebenarnya mereka hanya takut jikalau seuat saat nanti kita (umat Islam) bangkit kembali dan mengusir mereka dari dunia ini.

Tak perlu kita menunggu kedatangan Imam Mahdi untuk memenangkan pertempuran ini. Tak perlu kita menunggu Allah sendiri yang menindak lanjuti kaum Yahudi dan Nasrani. Apakah kamu tidak malu kalu sampai Allah, pencipta kita sendiri yang turun tangan?

Mari kita bangkitkan kembali semangat jihad Nabi Muhammad SAW, Umar bin Al-Khattab, Umar bin Abdul Aziz, Shalahuddin Al-Ayyubi, Nuruddin Mahmud bin Zanki, dan generasi pemimpin yang sebelum dan sesudahnya! Jangan pernah lengah ataupun putus asa!

Next episode...... Next episode......

BOLT Si Anjing Super Hero


Bolt adalah nama sebuah anjing yang berwarna putih polos. Pemiliknya adalah Penny. Penny memilihnya tanpa disengaja. Kebiasaan bermain dengan mainan karet yang berwujud wortel lah yang menampilkan anjing ini lucu. Tanpa sengaja Penny yang akhirnya menjadi pemilik setia Bolt, memilih anjing tersebut sebagai peliharaanya.

Kehidupan anjing ini ternyata dikaburkan oleh dunia perfilman. Bolt mengira dunia film itu nyata, Penny pun tidak memberitahu Bolt karena hal ini yang diinginkan oleh sang sutradara. Agar film ini terlihat natural, maka sang sutradara melarang Penny memberitahukan kenyataan tersebut. Akibatnya watak dan perlakuan anjing ini terhadap Penny berkesan terlalu protektif. Ini dikarenakan film yang terbintangi oleh anjing ini bertemakan Super Hero.

Hingga pada suatu saat datang seorang pengamat film dari pusat Holywood yang melihat pembuatan film ini. Akhirnya alur cerita yang disusun oleh sutradara dirubah oleh pengamat yang akhirnya membawa malapetaka untuk prodosen film ini beserta aktrisnya. Karena alurnya berubah menjadi akhir yang tidak bahagia, yaitu dalam adegannya Penny diculik oleh musuh besarnya yaitu Dr. Calico. Hal ini menyebabkan Penny tidak bisa bertemu dengan anjingnya.

Karena Bolt tidak mengetahui itu hanya sekedear adegan, maka dia terus gusang dan memikirkan Penny tuannya itu, hingga pada akhirnya dia mempunyai kesempatan untuk kabur dan dia mencoba untuk menyelamatkan Penny. Namun pada akhirnya usahanya itu terhalangi oleh petualangan yang amat panjang. Dimana petualangan itu yang akan membuat Bolt kembali menjadi anjing peliharaan yang ramah pada Penny.

Pada petualangannya Bolt bertemu dengan seekor kucing betina malas bernama Mittens, preman yang menakuti burung-burung supaya mencarikannya makanan. Akhirnya dia dipermainkan oleh burung-burung itu dan dipertemukan dengan Bolt. Ternyata Bolt salah paham, dia mengira bahwa Mittens adalah anak buah dari Dr. Calico. Mereka berpetualang dengan kesalahpahaman tersebut dan bertemu dengan seekor hamster bernama Rhino, yang juga ikut dalam petualangan Bolt. Ternyata anggapan Rhino sama dengan dugaan Bolt, tapi mulai waktu itu Mittens tahu apa yang sedang dia hadapi. Mittens pun mencoba memberi pengertian kepada Bolt dan Rhino secara perlahan.

Kesalahpahaman ini berlanjut sampai pada suatu waktu akhirnya merasakan semua kekuatan supernya tidak bereaksi sama sekali. Akhirnya mereka tertangkap oleh petugas hewan, walaupun Mittens mencoba berusaha menyelamatkan diri mereka. Dalam perjalanan Mittens mencoba memberi pegertian kepada Bolt. Di tengah perjalanan, Bolt berhasil meloloskan diri dengan dibantu oleh Rhino yang bebas tidak tertangkap.
Akhirnya Blot menyadari semua yang telah terjadi padanya dan teman-temannya. Bolt dan Rhino pun bergegas untuk menyelamatkan Mittens. Setelah Mittens bebas, dia melatih Bolt untuk menjadi anjing peliharaan yang ramah. Dia mengajari segala hal yang disukai oleh anjing dan makanan yang disukai pula.

Akhirnya pada suatu saat, Bolt pun sudah bersikeras untuk melanjutkan tujuannya yang utama tadi. Akan tetapi Mittens melarang dan memberi pengertian pada Bolt. Pada akhirnya usaha Mittens pun gagal dan mereka berpisah. Tanpa memberitahu Rhino, Bolt pergi begitu saja meninggalkan mereka untuk melanjutkan perjalanannya.

Rhino pun tahu kalau Bolt pergi tanpa memberitahunya. Tanpa mengetahui alasannya, Rhino pergi untuk membantu Bolt dan akhirnya Mittens pun tergugah hatinya lalu ikut Rhino untuk membantu Bolt. Setelah Bolt samapi di Holywood, dia bertemu dengan burung-burung penggemarnya. Burung-burung itu memberi saran untuk episode selanjutnya dari film yang dibintangi oleh Bolt. Dengan alasan tersebut, Bolt meminta untuk diantarkan sampai bertemu dengan Penny di lokasi shooting.

Setelah sampai di lokasi shooting, Penny memanggil Bolt dengan kerinduan. Akan tetapi itu hanya sebuah adegan pemain pengganti yang memerankan sebagai Bolt. Ternyata Bolt salah paham, dia mengira Penny tidak menyayanginya. Akan tetapi Mittens yang sudah berada disana menyaksikan sendiri adegan itu dan kemudian memberi pengertian pada Bolt.

Adegan yang selanjutnya, Penny dan ayahnya terancam dibunuh oleh Dr. Calico. Pemeran pengganti Bolt mencoba menyelamatkan mereka, tapi adegan tersebut tidak berhasil karena si anjing takut dengan arus listrik. Sehingga lokasi shooting menjadi berantakan dan api mulai menjalar. Maka tiba-tiba terjadilah kebakaran di lokasi tersebut.

Bolt yang mendengar teriakan Penny yang berada di dalam lokasi kebakaran pun segera bergegas untuk menyelamatkannya. Pada akhirnya mereka berdua terjebak di dalam gedung sampai petugas pemadam kebakaran datang. Bolt berusaha mengeluarkan Penny dan menggonggong untuk meminta bantuan dari luar. Petugas pemadam kebakaran yang mendengar gonggongan Bolt pun segera masuk dan menolong Bolt dan Penny. Mereka pun dibawa ke rumah sakit dan dirawat disana.

Pada akhirnya adegan yang terakhir dari film yang dibintangi oleh Bolt, sesuai dengan yang disarankan oleh burung-burung penggemar Bolt. Dan dalam kenyataannya, Bolt dan Keluarga Penny hidup bahagia beserta Mittens dan Rhino.

Next episode...... Next episode......

Direct And Indirect Speech

>> 

SIMPLE PRESENT
Tipe 1
The teacher says, “The world is round.”
Menjadi : The teacher says that the world is round.

Tipe 2
Mary asks me, “Do you feel thirsty?”
Menjadi : Mary asks me if I feel thirsty.

SIMPLE PAST
Tipe 3
Ani said, “I am sleepy now.”
Menjadi : Ani said that she was sleepy then.

Tipe 4
The good fairy asked, “Where are you going?”
Menjadi : The good fairy asked where he was going.

PAST PERFECT
Tipe 5
Mother asked me, “Were you watching the movie last night?”
Menjadi : Mother asked me if I had been watching them the night before.


********CONCLUSION********
Subject
He --- was
She --- was
It --- was

Subject - Object - Prossesif
He -------- him ----- his
She ------- her ----- her
I ---------- me ------ my
You ------- you ----- your

Time
now   ---  then
yesterday   ---  the day before
last night   ---  the night before
tomorrow  ---  the day after
here  ---  there
this  ---  that
these  ---  those

Next episode...... Next episode......

SOAL EKONOMI

>> 

1. Pokok masalah ekonomi dalam masyarakat adanya keterbatasan sumber daya alam. Untuk mengatasi masalah tersebut dapat dilakukan dengan cara berikut ini, kecuali ...
A. menghemat penggunaan sumber daya alam
B. menggunakan sumber daya alam sepuasnya tanpa batas
C. memelihara dan melestarikan sumber daya alam dengan baik
D. menciptakan alat pemuas/barang pengganti (barang substitusi)
E. meningkatkan pengelolaan berbagai macam sumber daya alam, sehingga lebih bermanfaat bagi kehidupan manusia


2. Salah satu ciri sistem ekonomi terpusat (Sistem Ekonomi Komando) adalah ...
A. produsen memproduksi apabila dibutuhkan
B. faktor-faktor produksi dikuasai oleh produsen
C. adanya persaingan bebas antar pelaku ekonomi
D. semua sektor perekonomian dikuasai oleh negara
E. bebas berusaha dan mencari laba sebesar-besarnya


3. Pemerintah telah menaikkan BBM sejak 1 Oktober 2005. Bensin premium menjadi Rp 4.500,00 per liter dari harga sebelumnya Rp 2.400,00 per liter. Pak Musa pedagang pengecer bensin terpaksa mengurangi belanja dagangannya dari 60 liter menjadi 45 liter. Bila elastisitas permintaan pak Musa dihitung, hasilnya adalah ...
A. 0,71 D.
B. 0,3
C. 0,29
D. 0,1
E. 0,15


4. Daftar Harga, Permintaan, dan Penawaran
Harga (rupiah)  Permintaa (unit)  Penawaran (unit)
1.000  1.200  1.300
1.400  10.000  9.000
8.000  7.000  6.000
7.000  8.000  9.000
Dari tabel di atas harga keseimbangan sebesar ...
A. Rp 1.000,00
B. Rp 1.200,00
C. Rp 1.300,00
D. Rp 1.400,00
E. Rp 1.500,00


5. Mekanisme harga ditentukan oleh satu-satunya produsen, sedangkan konsumen tidak mempunyai kekuatan dalam penetapan harga. Kondisi pasar di atas terjadi pada bentuk pasar ...
A. oligopoli
B. monopoli
C. monopsoni
D. persaingan sempuma
E. persaingan monopolistik


6. Bagan interaksi rumah tangga produksi dengan rumah tangga konsumsi:
Berdasarkan bagan di atas yang termasuk arus faktor produksi adalah ...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5


7. Kenaikan harga BBM 1 Oktober 2005 menimbulkan berbagai masalah, pemecahan masalah tersebut adalah kecuali ...
A. menggunakan energi panas matahari
B. penghematan penggunaan BBM
C. menggunakan teknologi hemat BBM
D. explorasi pertambangan minyak gas bumi
E. mencari alternatif pengganti BBM dengan biosolar


8. Suatu negara mempunyai data tentang pendapatan nasional berikut ini:
Product Domestic Brutto = 567.000 M
Pendapatan perusahaan asing di negara tersebut 180.000 M
Pendapatan warga negara di luarnegeri 13.000 M
Berdasarkan data di atas besamya pendapatan nasional bruto adalah ...
A. 374.000 M
B. 400.000 M
C. 734.000 M
D. 747.000 M
E. 760.000 M


9. Berikut ini termasuk kebijakan moneter yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi inflasi adalah ...
A. menaikkan hasil produksi dan mengawasi kredit selektif
B. mengawasi kredit secara selektif dan menaikkan pajak
C. menaikkan pajak dan menaikan hasil produksi
D. menaikkan hasil produksi dan politik diskonto
E. menaikkan tingkat suku bunga bank


10. Diketahui fungsi konsumsi C = 200.000,00 + 0,70 Y
Jika besarnya tabungan masyarakat Rp 100.000,00 maka besamya konsumsi adalah ...
A. Rp 270.000,00
B. Rp 370.000,00
C. Rp 628.570,00
D. Rp 900.000,00
E. Rp 1.000.000,00

Next episode...... Next episode......

SOAL OLAHRAGA

>> 

1. Usaha memutar badan dengan salah satu kaki sebagai poros disebut……..

2. penjagaan satu lawan satu didalam permainan bola basket disebut……..

3. usaha menahan serangan lawan diatas net dengan kedua tangan disebut…..

4. orang yang berada dipinggir lapangan yang bertugas mengawasi bola keluar dari garis dalam permainan sepak bola disebut……..

5. serangan pertama dalam permainan bola voli disebut juga …….

6. berat peluru untuk putra dalam tolak peluru adalah ……….

7. sudut lemparan tolak peluru adalah ……..

8. siapa pelatih futsall SMANTI………

9. berapa detik tendangan ke dalam lapangan pada saat bola terjadi out dalam permainan futsal…

10. gerakan menggulingkan badan kedepan disebut…….

11. sebelum melakukan olahraga hendaknya terlebih dahulu kita melakukan……

12. berapa denyut nadi orang normal dalam 1 detik …….

13. siapa nama peamin MU yang pindah ke Real Madrid……..

14. olahraga yang tidak mengeluarkan keringat adalah ………

15. apa nama organisasi sepak bola Indonesia……

Next episode...... Next episode......

Soal Bahasa Jerman (Deutsch)

>> 

1. Was ist Indonesian auf
Wie geht es Ihnen und guten nacht?

2. Wer ist du…
Wie heist du?
Woher kommst du?
Wo wohnst du?
Wie alt bist du?
Was machst du?

3. Ich…16 Jahre alt

4. Was ist das auf OSIS?

5. Wann fahrst du nach Maospati?

6. Warum du mochte Schuler/in in SMANTI?

7. Wie findest du OSIS?

8. Wie nel uhr ist es Jetzt?

Auf wiedersehen!

Next episode...... Next episode......

SOAL GEOGRAFI

>> 

1. Sumber tenaga batu bara dan minyak bumi di pakai untuk behan baker disebut…….

2. Buku yang berjudul “History Of Java” ditulis oleh………

3. Sawah yang hanya mengandalkan pengairan hanya dati air hujan disebut………

4. Kegiatan penggalian sumber daya alam dikenal dengan istilah……….

5. Kemampuan alami ekosistem untuk melanjutkan kehidupan dan pertumbuhan disebut………

6. habitat dari jenis tanaman rotan yang baik adalah………

7. Zaman ketika air laut banyak mengalami pembekuan di kutub bumi disebut,………

8. Cagar Biosfer perlindungan alam yang meliputi ………… yang telah di budidayakan oleh manusia.

9. DAS kepanjangan dari………..

10. kerusakan akibat hujan asam baru tercipta ketika …………………….dan …………….bersatu dengan oksigen dan kelembapan di udara.

Next episode...... Next episode......

Soal Fisika

>> 

1. Didepan 2 cermin daftar yang membentuk sudut 60o diletakkan sebuah pensil. Jumlah bayangan yang terlihat…

2. seberkas cahaya dating dari udara ke suatu zat cair dengan sudut dating 45o dan sudut bias 30o. Apabila diket kelajuan cahaya diudara 3 x 108 ms-1. Berapa besar indeks bias zat cair…

3. Bagi sebuah benda yang bergerak melingkar beraturan, maka…

4. Buah kelapa dan buah mangga jatuh bersama dari ketinggian h1 dan h2. Bila h1 : h2 = 2 : 1, maka perbandingan waktu jatuh antara buah kelapa dengan buah mangga adalah…

5. Dimensi dari besaran gaya adalah…

6. Banyaknya sekon dalam satu bulan adalah…

7. Resultan dari 3 buah gaya berikut : 20N pada 0o, 20 akar3 N pada 90o, dan 30N pada 60o adalah…

8. sebuah mobil mengalami percepatan konstan 3,2 m/s2 dari keadaan diam. Ketika mobil telah menempuh jarak 40m, kelajuannya adalah…

9. Wilhelm Convad R ialah penemu… pada tahun…

10. sebuah benda bermassa 10 kg dibawa ketinggian 130 Km diatas permukaan bumi. Jika jari - jari bumi 6370 Km. berat benda itu pada ketinggian tersebut adalah…

11. Bola dengan berat 2 N jatuh bebas dari ketinggian 10 m. jika gesekan dengan diudara diabaikan besrnya usaha yang dilakukan oleh gaya berat adalah…

12. Impuls merupakan…

13. Pada tumbukan lenting sempurna berlaku hokum kekekalan…

14. Sebuah bola bermassa 0,3 Kg bergerak dengan kecepatan 2 m/s menumbuk sebuah benda lain bermassa 0,2 Kg yang mula-mula diam jika setelah tumbukan bola pertama diam, maka kecepatan bola kedua…

15. Faktor penentu tekanan cair adalah…

Next episode...... Next episode......

SOAL BAHASA INGGRIS

>> 

1. A: Would you like some sugar?
B: Yes, please, just .........
a. a little c. a few
b. little d. bit


2. He spends .............. sleeping.
a. all c. his all
b. all his d. the all of his


3. Whose coat is this? It’s not ........
a. my one c. of me
b. a my coat d. mine


4. Which adjective can form its comparative in –er, like quick – quicker?
a. common c. horrible
b. intellegent d. useful


5. Is the Eiffel Tower taller ......... Big Ben?
a. then c. as
b. than d. of


6. You look ............... in red.
a. most nicely c. nicely
b. too nice d. very nice


7. X: I don’t like salmon.
Y: .............
a. Neither do I c. So I don’t
b. So do I d. Nor I do


8. Have you been to Osaka?
a. Until now not c. Still not
b. Already not d. Not yet


9. Janet and I live quite near .......... each other.
a. from c. at
b. - d. as


10. I’m no good .......... mathematics.
a. by c. on
b. for d. at


11. Tell us something ........... your holiday.
a. about c. over
b. - d. on


12. She was ill, so she had to go ........... home.
a. to c. for
b. at d. -


13. Three of this verbs have –o– in the past tense, like speak – spoke. One does not. Which one is it?
a. wake c. wear
b. grow d. ride


14. .................. me the time, please?
a. Can you telling
b. Do you can tell
c. Can you tell
d. Are you able for telling


15. Where ............ been?
a. is he c. he’s
b. did he d. has he


16. ............ the light on: it’s dark here.
a. Do c. Make
b. Put d. Push


17. Please go and ............ a bath.
a. wash c. have
b. make d. do


18. If you come, ............. your friend with you.
a. bring c. fetch
b. take d. lift


19. Tell me what your dog’s like.
a. Very quickly
b. Big, black and hairy
c. Very well, thank you.
d. Biscuits


20. I’ve got a new grammar book.
a. What its price?
b. How many cost?
c. How much was it?
d. How much you paid?

Next episode...... Next episode......

SOAL PENGETAHUAN UMUM

>> 

1. Presiden Barack H.Obama merupakan presiden AS ke………

2. Nama sirkuit F1 di Spanyol adalah……….

3. Bom JW.Marriot dan Rizt Charlton terjadi pada tanggal …………

4. Berasal dari negara manakah miss universe tahun 2009 ?

5. Orang paling berpengaruh selama peradaban manusia adalah……….

6. Penemu pesawat telepon adalah……….

7. Lagu Apuse berasal dari daerah……

8. Pancipta lagu Berkibarlah Bendera Negeriku……….

9. Pulau di Indonesia yang menjadi salah satu nominator dalam ajang pemilihan 7 keajaiban dunia adalah….

10. Pemilik Apple corp………...

11. Orang uang pertama kali berhasil mencapai Luar Angkasa adalah…….

12. Ibu kota dari Negara Timor Timur ialah……..

13. Suku Asli asal Australia adalah…….

14. Pemilik Microsoft Corp……..

15. Stadion Sapporo terletak di Negara………

16. Penulis buku “Zero to Hero” adalah………

17. Pulau terbesar di Indonesia………..

18. Tuliskan alamat dari Bapak Kepsek Anda !

19. Striker MU yeng bernomor punggung 7……..

20. Tersangka kasus suap BLBI adalah …………..&…………..

21. UUD NRI diamandemen berapa kali?.......dan dalam berapa tahapan?.........

22. Club sepak bola anggota EPL yang bermarkas Di London……..

23. Sebutkan Nama Pengurus OSIS yang anda ketahui beserta jabatannya (5)!

24. Danau terbesar di asi tenggara……..

25. Di Jepang ada 4 publican motor yang terkenal salah satu publican itu tidak mengeluarkan kendaraan beroda empat. Apa nama publican itu……………….

26. Siapa nama Bapak Gubernur Jawa Timur saat ini ?........................................

27. Markas ASEAN…………

28. Tuan rumah Piala Dunia 2014?..............................

29. Siapakah nama istri dari Bapak Kepala Negara ?

30. Hari Koperasi diperingati pada tanggal …………………………

31. Diantara benua antara benua Afrika dan Amerika………………..

32. Berapa jumlah computer di dunia……………

33. terjadi peristiwa penting apa pada zaman 18.45………………………

34. Nama Putri Indonesia tahun 2008…………………..

35. Berapa gelas kopi yang di minum alm. Mbah Surip…………………

Next episode...... Next episode......

Soal ASTRONOMY

>> 

1. Nama lain galaksi Bima Sakti dalam bahasa inggris adalah …………………………………………………………………

2. Supernova adalah ……………………………………………………………………………………………………………………………….

3. Nama galaksi yang dekat dengan galaksi kita adalah ………………………………………………………………………….

4. Bintang yang paling dekat dengan Matahari kita adalah …………………………………………………………………….

5. Rasi bintang yang bernama Crux (Yunani) adalah penunjuk arah ……………………………………………………….

6. Bintang yang berwarna selain matahari adalah ………………………………….. dan ………………………………………

7. Nama salah satu asteroid besar yang diambil dari nama orang suci pelindung bagi orang Sisilia adalah …………………………………………….

8. Komet yang mengorbit ke dekat matahari sekitar 76 tahun sekali adlah …………………………………………...

9. Planet yang mempuyai satelit terbanyak adalah …………………………..

10. Planet baru yang diperkirakan sedang menuju ke bumi dan akan menyebabakan kiamat pd tahun 2012 adalah ……………………………

Next episode...... Next episode......

Related Websites

Currency Converter

Vistors

Locations of visitors to this page free counters

Blogger Blog Review at Blogged

Shout Box Comment

  © Roshid Theme by scenica.co.cc 2009

TOP  

skater