JENANG CANDI KHAS MAGETAN

>> 

Makanan khas Magetan yang sangat terkenal adalah Jenang Candi. Jenang Candi ini berbeda dengan jenang yang lain. Perbedaan bisa dilihat dari warnanya yang lebih coklat kehitam-hitaman, bentuknya yang sangat kenyal, dan rasa manisya yang begitu pas di lidah dan masih ditaburi biji-biji wijen. Melihat bentuk kenyalnya dan warnanya yang cokelat kelam sudah menggoyang-goyangkan lidah saja, serasa ingin segera merasakan lezatnya makanan yang satu ini.

Tidak semua orang asli Magetan pun dapat membuatnya. Biasanya Jenang Candi ini hanya diproduksi di desa Candirejo, Magetan. Namun demikian pembuatannya sangat mudah dan tidak membutuhkan terlalu banyak bahan. Akan tetapi untuk menjadikan Jenang Candi ini lezat dibutuhkan perasaan dan ketelitian dalam membuatnya. Bahan-bahan yang dicampurkan tidak dengan sembarang takaran. Dalam menakar ada ukuran-ukurannya.

Bahan yang diperlukan adalah santan, gula, tepung ketan, dan biji wijen. Adapun caranya adalah yang pertama santan dan gula direbus dulu sampai mendidih. Kemudian yang selanjutnya adalah memasukkan tepung ketan ke dalam rebusan santan dan gula yang sudah mendidih tersebut dan diaduk sampai menjadi adonan yang kental. Selanjutnya tinggal mencetak adonan yang sudah mengental itu ke bentuk yang kita inginkan. Kemudian yang terakhir adalah menaburi adonan yang sudah dibentuk tadi dengan biji wijen dan mendinginkannya.

Jenang Candi biasanya disajikan dalam upacara adat sebagai sesajen, acara pernikahan sebagai sesajen dan makanan ringan, untuk oleh-oleh, dan makanan ringan ketika ada saudara atau tamu yang datang berkunjung.

Related Posts by Categories



0 Komment:

Related Websites

Currency Converter

Vistors

Locations of visitors to this page free counters

Blogger Blog Review at Blogged

Shout Box Comment

  © Roshid Theme by scenica.co.cc 2009

TOP  

skater