JRANGKING ASLI MAGETAN

>> 

Magetan merupakan kawasan yang unik di daerah Gunung Lawu, sebelah barat Jawa Timur. Magetan merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah yang dibatasi oleh Gunung Lawu. Kebudayaannya cenderung mirip dengan budaya Jawa Tengah, yaitu kebudayaan kerajaan Mataram yang sangat kental. Mempunyai makanan khas yaitu sego menok. Sego menok ini adalah nasi berisi daging, sambel pecel, urap, dan krupuk lempeng yang dipincuk (dibungkus dengan daun pisang).

Megetan juga mempunyai makanan khas yang lainnya, salah satu diantaranya adalah Jrangking. Jrangking ini adalah sejenis krupuk puli yang dibuat dari ketan dan kelapa. Rasanya seperti krupuk biasa, namun lebih gurih, terasa ada sari kelapanya, dan agak keras. Jrangking ini bisa dimakan sebagai lauk atau bisa dimakan sebagai makanan ringan.

Cara pembuatannya lumayan mudah. Pertama, kita nanakkan nasi. Kemudian nasi itu dicampur dengan santan (perasan kelapa), garam, dan gula. Kemudian diaduk sampai adonan merata. Kemudian adonan tadi dipadatkan dan dibentuk kotak. Kemudian adonan yang sudah berbentuk kotak tadi dipotong tipis-tipis. Potongan tipis- tipis tadi kemudian dibakar merata. Setelah dibakar ada yang dijemur dulu dan ada juga yang langsung disajikan.

Jrangking biasanya disajikan ketika hari lebaran, untuk upacara pernikahan adat jawa, upacara adat, dan sesajen dalam acara ritual sebelum puasa atau dalam istilahnya disebut acara menjemput bulan puasa. Orang-orang kota biasanya menyajikan jrangking untuk makanan ringan yang disediakan untuk tamu atau sanak saudara yang datang berkunjung.

Related Posts by Categories



1 Komment:

bredmart Saturday, June 13, 2015 at 9:56:00 PM GMT+7  

Singgah http://www.bredmart.blogspot.com

Related Websites

Currency Converter

Vistors

Locations of visitors to this page free counters

Blogger Blog Review at Blogged

Shout Box Comment

  © Roshid Theme by scenica.co.cc 2009

TOP  

skater