Adsense IndonesiaAdsense IndonesiaAdsense IndonesiaAdsense IndonesiaAdsense IndonesiaAdsense Indonesia

NYADRANAN

>> 

Di daerah Kediri, Jawa Timur, ada suatu acara yang diselenggarakan oleh masyarakatnya satu tahun sekali setiap tahun baru Hijriah atau tanggal 1 Syuro yang disebut dengan istilah Nyadranan atau juga dikenal dengan istilah Bersih Desa. Acara ini berbedda dengan kegiatan bersih desa di daerah yang lain. Di acara ini bukn hanya bersih desa saja yang dilakukan tapi lebih cenderung ke acara syukuran. Adapun acara- acara yang diselenggarakan antara lain adalah siraman dan jaranan.

Siraman disini lebih diartikan mandi atau membasahi diri dengan cara disiram air oleh kepala adat daerah tersebut. Sebelum acara siraman ini, sebagian penduduk dikumulkan terlebih dahulu. Setelah semua siap, baru kemudian disiram oleh kepala adat. Selain acara siraman, juga ada acara Jaranan. Jaranan adalah pagelaran seni tari yang menggunakan asesoris dari anyaman bambu yang menyerupai kuda. Jaranan juga bisa disebut tarian kuda.

Setelah kedua acara ini berlangsung, ada satu acara lagi yang bisa diselenggarakan, namun tidak selalu dilakukan. Acaranya adalah penyucian anak kecil yang mempunyai weton yang dianggap jelek oleh masyarakat sekitar. Misalnya saja ada 3 bersaudara, anak laki-lakinya satu dan perempuannya dua atau sebaliknya. Namun kelahiran anak laki-laki itu didahului oleh anak perempuannya dan setelahnya lahir anak perempuan lagi. Ataupun bisa sebaliknya, anak perempuan yang kelahirannya didahului oleh anak laki-laki dan setelahnya lahir anak laki-laki lagi. Jika ada yang seperti ini, maka anak laki-laki atau perempuan yang lahir di tengah-tengah kedua anak yang lainnya itu dikumpulkan dan disucikan. Namun pada perkembangannya masyarakat tidak mau menyerahkan anak mereka karena malau dan kepercayaan itu lama kelamaan mulai luntur. Setelah acara ini dilanjutkan dengan acara makan-makan.

Related Posts by Categories



0 Komment:

Related Websites

Vistors

Locations of visitors to this page free counters

Blogger Blog Review at Blogged

Shout Box Comment

  © Roshid Theme by scenica.co.cc 2009

TOP  

skater