“LIKUK – LIKUK” KOTA MAGETAN

>> 

Mungkin orang mengira- bahwa tulisan ini menceritakan kota Magetan karena judul yang tertulis diatas adalah likuk-likuk kota Magetan. Namun ternyata yang dibahas adalah makanan. Makanan yang satu ini berbeda dari yang lain. Mulai bentuknya yang unik, namanya yang populer, dan masih banyak keunikan yang lainnya. Makanan ini rasanya bisa berbeda-beda pada setiap orang, tergantung cara penambahan bumbu tambahanlnya.

Untuk membuatnya diperlukan bahan-bahan seperti tepung beras, terigu, pathi, santan, garam, panili, dan gula. Cara membuatnya yang pertama, mencampur tepung beras, terigu, pathi, dan santan ke dalam satu wadah. Setelah dicampur dan diaduk, ditambahkan garam dan panili ke dalam adonan dan diaduk sampai kental. Kemudian diambil sebagian-sebagian dan dibentuk angka 8. Setelah itu digoreng supaya adonan tersebut mengembang. Setelah mengembang, diangkat dari penggorengan dan dimasukkan ke dalam adonan gula yang sudah dididihkan sebelumnya. Kemudian diaduk rata supaya air gulanya bisa meresap. Setelah cukup matang diangkat dan didinginkan.

Makanan ini biasanya dibuat untuk acara-acara resmi saja, seperti acara pernikahan upacara adat sebagai sesajen dan makanan kecil. Ada juga lorang membuat makanan ini untuk lebaran. Namun jarang sekali yang mau membuat makanan ini untuk disajikan sebagai makanan ringan ketika ada tamu atau sanak saudara yang berkunjung. Ini dikarenakan pembuatannya yang membutuhkan waktu yang lama serta proses pembuatanya yang rumit dan panjang.

Related Posts by Categories



0 Komment:

Related Websites

Currency Converter

Vistors

Locations of visitors to this page free counters

Blogger Blog Review at Blogged

Shout Box Comment

  © Roshid Theme by scenica.co.cc 2009

TOP  

skater