Adsense IndonesiaAdsense IndonesiaAdsense IndonesiaAdsense IndonesiaAdsense IndonesiaAdsense Indonesia

Astronomy : Bintang? Berapa Banyak? Bisa terhapus?

>> 

Kalau kita melihat bintang di malam hari, setidaknya ada sembilan ribu (9.000) bintang yang bisa kita lihat di langit malam dengan mata telanjang. Yang menjadi pertanyaan adalah, bisakah bintang-bintang itu terhapus??

Seperti yang telah diberitakan dalam Al Qur’an surat Al Murasalat ayat 81 ini :
فَإِذَا النُّجُومُ طُمِسَتْ (٨)
Artinya : “8. Maka apabila bintang-bintang telah dihapuskan,…”

Dan isyarat apakah yang diperoleh dari bintang yang terhapus itu?? Alam semesta akan kiamat ataukah ada tanda-tanda yang lainnya??? Itulah yang menjadi pertanyaan terbesar sepanjang masa.

Pada abad yang ke 2 sebelum masehi (SM), astronom Hipparchus dari Nicea menyusun sebuah catalog bintang beserta posisinya, yang memuat keterangan lintrang dan bujur dari bintang tersebut. Catalog tersebut memuat sekitar 850 bintang. Dan 4 abad sesudah tersusunnya catalog tersebut yaitu abad ke-2 Masehi (2 M), Claudius Ptolomeus mengadopsi catalog tersebut dan menambahi catalog tersebut dengan bintang yang berjumlah 170 bintang, sehingga bintang yang ada di dalam catalog tersebut totalnya berjumlah 1020 bintang.katalog tersebut menjadi Volume 7 dari Buku Almagest dan menjadi rujukan ilmu astronomi selama 1500 tahun lamanya.

Di dalam Museum Kutapraja Suzhou yang terletak di negeri China, ada peta bintang yang terpahat di sebuah batu sampai dengan tahun 1247 M dan peta yang terpahat di batu tersebut memuat 1500 bintang. Posisi bintang- bintang yang ada dalam peta tersebut sama persis dengan posisi bintang-bintang di dalam peta modern. Ada sebuah bintang yang terletak di sebelah barat laut yang bernama T’ien-kuan, yang sekarang ini sudah tidak ada. Ini menandakan bintang tersebut sudah terhapus dari jagad raya ini. Bersambung...

Related Posts by Categories



0 Komment:

Related Websites

Vistors

Locations of visitors to this page free counters

Blogger Blog Review at Blogged

Shout Box Comment

  © Roshid Theme by scenica.co.cc 2009

TOP  

skater