Adsense IndonesiaAdsense IndonesiaAdsense IndonesiaAdsense IndonesiaAdsense IndonesiaAdsense Indonesia

Astrnomy : Hasil lain tentang Supernova

>> 

Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel yang berjudul “Bagaimanakah nasib dari Jagad Raya nantinya???” yang tedapat di alamat ini. Maka dari itu, bacalah dulu artikel tersebut dan baru kemudian kamu baca artikel ini. Supaya kamu bisa nyambung bahasannya.

Ada hasil yang lainnya yang diberikan oleh para astronom terdahulu. Mereka menyebvutkan bahwa mereka juga mendeteksi partikel lain yang terdapat pada Supernova. Munculnya sesuatu partikel
yang diberi nama Neutrino bintang di Sanduleak. Neutrino adalah merupakan pertikel elementer yang mempunyai massa nol (0) seperti foton, akan tetapi berspin setengah seperti elektron. Para astronom memperkirakan sekitar 99% dari besar energi yang telah dipancarkan oleh Supernova tipe II berbentuk Neutrino.

Partikel ini tidak berinteraksi dengan pertikel yang lainnya. Neutrino ini dihasilkan oleh proses nuklir inti Matahari yang menembus setengah juta miles dan pertikel ini keluar dari Matahari bagaikan menembus kaca tipis. kemudian pertikel ini mencapai Bumi hanya dalam waktu 8 menit saja dan dapat menembus Bumi tanpa rintangan. Dalam 1 detik saja 500 milyar Neutrino sudah samapi pada 1 inchi persegi dari permukaan bumi. Subhanallah… Dahsyat sekali kecepatan yang digunakan oleh pertikel ini.

Dua detektor Neutrino pada tahun 1987 dari dua negara yang saat itu telah menjadi negara maju sudah membuktikan hal tersebut. Dua detektor itu adalah Kamikande milik dari Jepang dan IMB dari negara Amerika Serikat. Detektor tersebut terdiri dari tangki besar yang berisi air murni dan di sekelilingnya ada detektor cahaya khusus yang sangat ultra sensitif yang disebut sebagai Tabung Multiplier.
Ini proses kinerja dari kedua detektor tersebut :

1 dari 1000 trilyun Neutrino akan menabrak elektron atau proton. Jika Neutrino menabrak elektron maka yang kan terjadi adalah elektrn tersebut akan melompat dengan kelajuan yang sangat tinggi. Dan bila Neutrino tersebut menabrak proton, maka yang terjadi adalah proton berkecepatan tinggi akan diproduksi. Partikel-pertikel extra cepat tersebut akan menghasilkan sebuah cahaya biru yang berbeuntuk kerucut. Yang kemudian disebut-sebut sebagai Radiasi Cherenkov. Dan kemudian pertikel tersebut ditangkap oleh tabung multiplier dan keudian diubah ke dalam bentuk jet singal listrik.

Pada suatu hari terdengar berita akan terjadi Supernova pada tanggal 23 Februari 1987 (SN 1987A) maka, para ilmuwan dari 2 laboratorium tersebut segera menkonsentrasikan penuh segala sesuatu yang perlu disiapkan untuk menyambut kehadiran Supernova SN 1987A itu. Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menganalisa data Supernova itu, yakni 2 minggu (14 hari). Dan pada akhirnya kedua 2 laboratorium tersebut mengungkapkan bahwa yang pertama Kamikande (Jepang) mencatat 11 Neutrino tertangkap oleh tabung multipliernya dalam kurun waktu selama kurang dari 15 detik pada pukul 7:35 (Greenwich). Dan dari Amerika Serikat (IMB) mencatat 8 Neutrino yang tertangkap oleh tabung multipliernya pada waktu yang sama persis dengan Jepang.

Dari kurang lebih 10 pangkat 58 Neutrino 100 ribu diantarnya dapat menembus detektor tersebut hanya dalam beberapa detik saja dan hanya 19 Neutrino yang dapat terdeteksi. Neutrino yang menyebabkan kilauan pada tangki adalah Neutrino yang dihasilkan oleh inti bintang ledak.

Neutrino dari Supernova SN 1987A tersebut mengisyaratkan akan 2 hal. Yang Pertama, keruntuhan yang terjadi pada Supernova tipe II memang benar. Dan kita bisa memperkirakan temperatur inti saat dipancarkan, yaitu 10 milyar derajat. Sedangkan yang Kedua adalah dikemukakannya pendapat bahwa Neutrino bermassa. Neutrino tersebut bersifat fundamental dari itu sendiri (massanya).
Ini pembuktian dari pernyataan tersebut :

Jika Neutrino tersebut tidak mempunyai massa, maka 19 Neutrino tersebut akan sampai secara bersamaan. Akan tetapi pada kenyataannya hal tersebut tidak terjadi, karena ternyata mereka sampai dengan selang waktu 10 detik. Ini membuktikan kalau Neutrino tersebut bermassa. Tapi tentang selisih waktu tersebut, para fsikawan masih belum bisa menyatukan pendapatnya dan karena massanya atau selisih waktu terbentuknya Neutrino tersebut saat ledakan. Untuk menguji kebenaran dari pendapat kedua, kita harus menunggu Supernova yang terbaru lagi.

Keberadaan dari Neutrino bermassa ini akan sangat mempengaruhi gravitasi Jagad Raya. Para astronom berpendapat bahwa banyak sekali materi tak tampak di angkasa yang dapat mempengaruhi gravitasi Jagad Raya ini. Karena beberapa dari meteri ini tidak memancarkan cahaya, maka materi ini disebut sebagai Materi Gelap (Dark Matter). Neutrino juga termasuk di dalamnya jika memang benar-benar terbukti bahwa Neutrino bermassa.

Bila jumlah Neutrino cukup banyak, maka bisa untuk mempengaruhi gravitasi Jagad Raya. Estimasi saat ini menyebutkan bahwa jumlah materi yang tampak di Jagad Raya ini belum cukup untuk mengerem lalju ekspansi Alam Semesta. Sehingga Alam Semesta akan terus berkembang. Bila Neutrino bermassa dan ada dalam jumlah yang cukup, maka cukup untuk mengerem laju ekspansi Alam Semesta. Sampai suatu ketika, Jagad Raya akan berhenti dan kembali lagi berkontraksi. Dengan ini Neutrino akan menentukan nasib dari akhir Jagad Raya. Sayangnya, dari Supernova SN 1987A belum dapat dipastikan bahwa Neutrino belum cukup efektif terdeteksi.

Perburuan Supernova akan terus dilakukan demi mendapatkan keterangan yang terbaru lagi. Pengamatan teleskop ruang angakasa Hubble menghasilkan hal yang menakjubkan. Salah satunya adalah ditemukannya gugusan radiasi yang membentuk formasi bunga mawar merah. Seperti yang telah dijelaskan dalam Al Qur’an dalam surat Ar Rahmaan di bawah ini :

فَإِذَا انْشَقَّتِ السَّمَاءُ فَكَانَتْ وَرْدَةً كَالدِّهَانِ (٣٧)
Artinya : “Maka apabila langit telah terbelah dan menjadi merah mawar seperti (kilapan) minyak.”

Banyak rahasia yang tidak bisa kita kuak dan pertanyaan-pertanyaan baru akan terus muncul dan harus dijawab. Supernova tidak hanya membuka rahasia meterial Jagad Raya, tapi juga spirit, ruh, dan kandungan bangunan peradaban.
End.


Kalau ingin men-Donload artikel ini, gak usah Copy-Paste. Di bawah sendiri dari halaman ini ada kotak "Free Download Article & Documents" ,, kamu klik aja link itu. Karena Copy-Paste, sekarang itu sudah nggak jaman.

Related Posts by Categories



0 Komment:

Related Websites

Vistors

Locations of visitors to this page free counters

Blogger Blog Review at Blogged

Shout Box Comment

  © Roshid Theme by scenica.co.cc 2009

TOP  

skater