Adsense IndonesiaAdsense IndonesiaAdsense IndonesiaAdsense IndonesiaAdsense IndonesiaAdsense Indonesia

Astronomy : Beberapa Tipe Supernova

>> 

Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel yang berjudul “Dari mana asal Bintang? Bagaimana mereka bisa bersinar? Dan asal Supernova…” yang tedapat di alamat ini. Maka dari itu, bacalah dulu artikel tersebut dan baru kemudian kamu baca artikel ini. Supaya kamu bisa nyambung bahasannya.

Untuk mengetahui tipe Supernova, maka kita
harus mengkaji hasil dari penelitian-penelitian yang telah dilakukan oleh para astronom. Dan tentunya kita harus mengerti dan memahami apa itu Supernova. Untuk lebih memahami bagaimana tipe dari Supernova itu, ini ada sedikit hasil dari beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh para astronom terdahulu.

Sampai pada akhirnya manusia semakin penasarn akan Supernova. Maka mereka terus melakukan penelitian dan akhirnya penelitian itu membuahkan hasil. Dari hasl tersebut didapatkan bahwa pada 12 Supernova pertama di IC 4182 yang telah ditemui dan selanjutnya diteliti, mereka mempunyai tipe kurva cahaya dan spektranya sama. Dimana gemerlap cahayanya dari cahaya minimun ke maximum memakan waktu kira-kira 2 pekan lamanya. Dan gemerlap tersebut akan turun secara eksponensisal pada waktu selanjutnya. Tipe Supernova ini diberi nama dengan Supernova Type I.

Sedangkan pada Supernova yang ke 13 yang telah ditemui pada tahun 1940 M, kurva cahaya dan spektrumnya berbeda dengan Supernova yang telah ditemui terdahulu. Perbedaannya terletak pada lama waktu gemerlap cahaya yang digunakan. Waktu yang digunakan untuk gemerlap cahaya dari tingkat minimum ke maximum pada Supernova ke-13 ini lebih lama dan waktu yang diperlukan untuk menurun secara eksponensial juga lebih lambat dari Supernova yang terlebih dulu ditemukan. Supernova yang ke-13 tersebut kemudian deisebut sebagai Supernova Type II.

Di kedua tipe tersebut terdapat beberapa perbedaan. Ini dikemukakan oleh para astronom yang telah berkali-kali meakukan penelitian tentang Supernova. Dimankah perbedaan anatara Type I dengan Type II? Diantaranya ini adalah perbedaannya dari Type I dan Type II ;garis emisi yang terdapat pada Supernova Type I lebih lebar dari hidrogen yang ada pada Type II. Dan letak tempat dari keduanya juga berbeda. Dimana letak terjadinya Supernova Type II hanya terjadi di bagian lengan dari Galaxy Spiral, itu terletak diantara gugus massif dan cerah. Sedangkan letak terjadinya Supernova Type I bisa terjadi dimana-mana. Bisa terjadi di bagian pusat, di bagian lengan, ataupun di bagian tepi dari Galaxy Spiral. Bersambung…



Kalau ingin men-Donload artikel ini, gak usah Copy-Paste. Di bawah sendiri dari halaman ini ada kotak "Free Download Article & Documents" ,, kamu klik aja link itu. Karena Copy-Paste, sekarang itu sudah nggak jaman.

Related Posts by Categories



0 Komment:

Related Websites

Vistors

Locations of visitors to this page free counters

Blogger Blog Review at Blogged

Shout Box Comment

  © Roshid Theme by scenica.co.cc 2009

TOP  

skater