Adsense IndonesiaAdsense IndonesiaAdsense IndonesiaAdsense IndonesiaAdsense IndonesiaAdsense Indonesia

Apakah itu Meteor???

>> 

Pada zaman dahulu, suatu malam dalam bulan Desember 1988 terjadi hujan meteor yang kemudian dikenal dengan nama Geminid shower. Pada malam itu banyak orang yang dapat melihat hujan meteor. Sampai-sampai orang awam pun dapat menyaksikan banyak sekali meteor yang beterbangan di langit pada malam itu. Macam-macam orang menamakan meteor itu, ada yang menyebutnya tahi bintang, bintang jatuh, bintang pindah, bahkan ada yang menamakan kejdia itu hantu.

Di luar angkasa sana banyak sekali benda-benda padat yang tak beraturan beterbangan kesana-kemari. Benda itu kemungkinan ada yang asteroid, mungkin materi-materi ekor komet yang tercecer, mungkin juga pecahan-pecahan benda langit lainnya yang beterbangan tak tahu arah. Benda-benda langit itu kemudian dinamakan meteroroid. Dalam [erjalanannya di luar angkasa tetrsebut, maka pada suatu masa pasti akan berkunjung ke bumi.

Karena ulah dari gravitasi bumi, maka meteorooid tersebut tertarik untuk mengunjungi bumi ini dan akhirnya jatuhlah meteoroid itu ke bumi. Ketika mau jatuh ke bumi, mereka harus melalui ujian dulu oleh atmosfer kita, sehingga terjadi gesekan antara meteoroid dan atmosfer kita dan terjadi kebakaran di atmosfer. Timbulah cahaya yang tampak dari bumi yang dinamakan dengan bintang jatuh, itu disebut meteor.
Jarang sekali meteor itu sampai ke permukaan bumi, jadi kebanyakan dari mereka habis terbakar di dinding atmosfer kita. Walaupun ada ya mungkin ukurannya kecil kalaupun ada yang besar, maka berat dari meteor itu mungkin sampai ukuran ton. Inilah yang kita sebut sebagai meteorit.

Nahhh, diantara meteorit-meteorit yang besar tadi ada yang bernama Anhighito yang ditemukan di pulau Greenland. Sebuah meteor yang sangat besar pernah juga jatuh di Arizona USA dan bekas jatuhannya atau luban jatuhnya biasa kita kenal dengan nama Kawah Barringer (Barringer Crater). Sebuah kawah yang garis tengahnya sekitar 1,4 kilometer dan dalamnya kawah mencapai 190 meter. Kemungkinan meteor yang membentuknya mempunyai berat sekitar 50.000 ton.

Pada umumunya, meteorit dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu meteort besi dan meteorit batu. Kenapa bisa disebut meteorit besi? Dan kenapa bisa disebut meteorit batu? Kamu yang belum tahu pasti bingung mendengar istilah ini. Yang pertama, meteorit besi dikarenakan materi penyusunnya terdiri atas 90% zat besi dan yang lainnya adalah nikel. Sedangkan meteorit batu adalah karena materinya tersusun atas 90% silikon (Si) dan yang 10% zat besi dan nikel.

“Shower” yang ada pada sebutan kejadian bintang jatuh sering kita dengar. Kalau kamu belum pernah dengar atau membaca, tentunya kamu bohong. Karena sudah aku sebutkan di awal tulisan ini. Shower ini terjadi pada waktu-waktu tertentu aja. Pada suatu masa shower itu, kita dapat mengamatinya lepas tengah malam. Dalam satu waktu aja kita dapat melihat berbagai meteor berjatuhan dari sebuah titik ke segala arah secara radial. Nama dari shower itupun juga mempunyai nama tertentu. Misalnya aja Geminid shower, karena seakan-akan shower berawal dari titik rasi Gemini maka meyebutnya dengan Geminid shower. Dan shower ini dapat kita lihat di bulan Desember. Meteor-meteor yang tampak, biasanya berwarna putih atau kuning. Akan tetapi ada juga yang berwarna merah, biru, hijau, aau jingga.

Shower yang lain diantaranya ada Aquarid di sekitar rasi Aquarius pada tanggal 5 Mei dan 27 Juli, Orionid di sekitar rasi Orion (rasi bintang Waluku) pada tanggal 21 Oktober, Taurid di sekitar rasi Taurus pada tanggal 8 November, dan Leonid di sekitar rasi Leo pada tanggal 17 November. Jika kamu berminat untuk melihatnya, siahkan kamu melihat dan mengamatinya lepas tengah malam pada tanggal-tanggal diatas beberapa malam sebelum dan sesudahnya.


Kalau ingin men-Donload artikel ini, nggak usah Copy-Paste. Di bawah sendiri dari halaman ini ada kotak "Free Download Article & Documents"

Related Posts by Categories



0 Komment:

Related Websites

Vistors

Locations of visitors to this page free counters

Blogger Blog Review at Blogged

Shout Box Comment

  © Roshid Theme by scenica.co.cc 2009

TOP  

skater