Adsense IndonesiaAdsense IndonesiaAdsense IndonesiaAdsense IndonesiaAdsense IndonesiaAdsense Indonesia

Gempa Tektonik di Pulau Jawa Bagian Selatan

>> 

Dunia teknologi semakin kaju, akan tetapi lingkungan sudah tidak mulai terjaga lagi. Bumi mulai enggan dengan kehadiran manusia, sehingga Allah menurunkan berbagai bencana alam dan bencana-bencana lainnya. Mungkin juga ini merupakan kesalahan kita. Kita telah lalai akan tugas kita diciptakan di bumi ini, yaitu sebagai khalifah.

Kemarin malam (02/09) telah terjadi gempa tektonik sebesar 7,3 skala Ritcher di wilayah selatan Jawa Barat. Dan gempa tersebut sangat terasa di daerah Cianjur, Jawa Barat dan sekitarnya. Sampai saat ini masih ada evakuasi untuk pencarian korban dari gempa tersebut. Untuk data sementara, korban yang telah ditemukan dan meninggal sampai saat ini adalah sejumlah 49 orang. Sedangkan yang lainnya masih dalam proses pencarian lebih lanjut.

Di Desa Suka tanjung, Tasikmalaya, rumah-rumah di desa tersebut hampir rata dengan tanah semua. Ini menunjukkan betapa besarnya kekuatan gempa tersebut dan tak lupa ini juga peringatan yang sangat nyata, karena Allah telah menunjukkan kepada kita sebagai saudara mereka untuk menjaga dan memperhatikan lingkungan kita serta membantu korban bencana alam tersebut.

Peristiwa tersebut tidak hanya di ssatu tempat saja, akan tetpi juga terjadi di lain daerah, misalnya di daerah Garut, Jawa Barat. Kerusakan yang diakibatkan oleh gempa yang berkekuatan 7,3 skala Ritcher itu sangat memprihatinkan warga Garut. Sekitar lebih dari 3.450 rumah warga tertimbun oleh tanah. Sedangkan korban yang diakibatkan adalah 10 orang meninggal dan yang lain masih dalam proses evakuasi.

Hingga sore tadi evakuasi masih dilakukan oleh TNI dan POLRI serta Pasukan SAR BRIMOP sekitar daerah itu. Walaupun tempat suasana duka masih diguyur hujan, akan tetapi mereka tidak kalah untuk mengevakuasi warga yang tertimbun tanah.

Gempa tersebut juga dirasakan di Pasar Lembang, Jawa Barat. Gempa tersebut mengakibatkan kerusakan pada dinding pasar dan sebagian bangunan roboh. Korban segera dilarikan ke rumah sakit terdekat dari lokasi. Akan tettapi ada seorang bayi yang belum genap berumur 1 tahun selamt dari bencana maut tersebut. Hal ini menunjukkan pada kita, bahwa Allah masih melindungi orang-oarng yang berada di jalan-Nya. Dan warga yang lainnya masih menunggu bantuan yang datang dari pemerintah daerah tersebut.

Di daerah Cikangkareng, Jawa Barat juga mersakan hal yang sama dengan daerah yang lainnya. Korban yang diakibatkan, 13 orang telah meninggal dunia dan diperkirakan masih ada 40 orang yang terkubur dalam tanah. Oleh karena itu proses evakuasi masih saja dilakukan sampai saat ini. Proses evakuasi berjalan lamban dikarenakan alat-alt berat yang digunakan masih dalam jumlah sedikit. Belum ada bantuan dari daerah lain
untuk mempercepat proses evakuasi.

Ternyata gempa tidak hanya dirasakan di daerah Jawa Barat bagian selatan saja, akan tetapi juga dirasakan di daerah Jakarta. Telah dibuktikan dengan diketahiu bahwa dinding Kampus Taruma Jakarta rusak karena diakibatkan getaran gempa yang dirasakan di tempat itu. Pihak kampus juga berjanji untuk segera memperbaiki bangunan yang rusak dikarenakan gempa yang berkekuatan 7,3 skala Ritcher tersebut.


Kalau ingin men-Donload artikel ini, nggak usah Copy-Paste. Di bawah sendiri dari halaman ini ada kotak "Free Download Article & Documents"

Related Posts by Categories



0 Komment:

Related Websites

Vistors

Locations of visitors to this page free counters

Blogger Blog Review at Blogged

Shout Box Comment

  © Roshid Theme by scenica.co.cc 2009

TOP  

skater